IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


SD Strada Budi Luhur 2 ditunjuk secara langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi pelaksana Piloting Project Kurikulum 2013 kelas I dan IV untuk Kota Bekasi, Jawa Barat bersama beberapa sekolah yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

Kepala sekolah bersama guru-guru kelas I dan IV ditambah guru Penjaskesorkes dan guru Seni Budaya dan Keterampilan telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Dasar di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, pada tanggal 8 s.d. 14 Juli 2013. Peserta pelatihan sejumlah 9 guru. Berikut 1 orang guru terpilih sebagai Instruktur/Penatar Tingkat Nasional.

Mulai tahun pelajaran 2013/2014 SD Strada Budi Luhur 2 efektif melaksanakan Kurikulum 2013 untuk kelas I dan kelas IV.

Menurut salah seorang guru kelas I (Ibu Yustina Supindarti, S.Pd.), beliau mendapatkan kesan yang menarik, dan memperoleh manfaat serta pengalaman yang sangat banyak. Struktur Kurikulum terutama bagian tema-tema/subtema  pembelajaran tidak dibuat secara runtut. Guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam menyajikan pembelajaran yang lebih tepat dan menarik.

Lain halnya dengan Ibu Lusia Supitri, S.Pd., beliau memperoleh kesan atau gambaran tentang muatan Kurikulum 2013, sudah bukan hal asing bagi beliau yang selama ini memang sudah menerapkan pembelajaran tematik, karena beliau sebelumnya adalah guru kelas III, sekarang harus  menerapkan sistem pembelajaran tematik di kelas IV yang baru. Kendala utama yang dihadapi adalah masalah sistem penilaian portofolio yang harus dilaksanakan dari awal proses kegiatan sampai dengan akhir kegiatan, termasuk penilaian post tes, unjuk kerja, rubrik, dan sebagainya.

Harapan dan idealisme tetap ada, tetapi sekolah harus tetap fokus untuk menghadapi dan mencari solusi setiap kendala/hambatan yang pasti akan dihadapi dalam proses pelaksanaan kurikulum tersebut.

Dinas pendidikan setempat, dalam hal ini para pengawas sekolah tingkat UPTD Bekasi Timur dengan setia akan mendampingi para guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya, untuk selanjutnya akan dilakukan pertemuan-pertemuan rutin mendiskusikan permasalahan yang ditemukan.

Pelaporan secara berkala sudah  tentu akan dilakukan oleh pihak sekolah kepada pihak-pihak terkait, terutama Dinas pendidikan yang merupakan perpanjangan tangan dari Kemendikbud.

Bravo untuk SD Strada Budi Luhur II. Maju terus dan pantang mundur! (FX.Kris)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: